Astawan News

Teknik Belajar Mengetik 10 Jari

Konsep Mengetik 10 Jari
Mengetik 10 jari adalah mengetik dengan memanfaatkan seluruh jari tangan dan tanpa melihat keyboard. Teknik ini akan meningkatkan kecepatan dan akurasi mengetik. Teknik ini juga mengurangi kelelahan dalam mengetik.

PERHATIAN!!!! syarat utama belajar mengetik 10 jari:
KEMAUAN + KONSISTENSI NIAT + KUKU NGGAK BOLEH PANJANG

Teknik Latihan Mengetik 10 Jari
1. Tahap Mapping Keyboard
Hal pertama yang dilakukan dalam latihan mengetik 10 jari adalah keyboard mapping. Tahap ini adalah tahap mempelajari posisi jari pada tombol keyboard. Kita harus menghafalkan tombol-tombol keyboard pada setiap jari tangan. Beberapa cara menghafal dapat kita lakukan seperti gambar berikut.














2. Tahap Latihan Dasar
Latihan meletakkan tangan pada keyboard dengan tepat. Posisi jari yang tepat ditunjukkan oleh gambar berikut.
Jari diposisikan pada posisi home row. Tanda pada tombol F dan J biasanya sangat membantu penempatan jari yang tepat.







Setelah posisi tangan dan jari dikuasai, lakukan latihan berikut:
  • Latihan Home Row: ASDF ASDF ASDFG ASDFG JKL; JKL; HJKL; HJKL;. Latihan ini dilakukan secara berulang-ulang sampai hafal/terbiasa.
  • Latihan Upper Row: QWERT YQWERT YUIOP YUIOP. Latihan ini dilakukan secara berulang-ulang sampai hafal/terbiasa. Agar tidak membosankan kombinasikan latihan home row dengan latihan upper row.
  •  Latihan Lower Row: ZXCVB ZXCVB NM,./ NM,./. Latihan pada bottom row agak sulit dilakukan karena memang posisi tersebut cukup sulit dijangkau oleh jari. Kombinasikan latihan pada home row, upper row dan lower row.
Agar tidak membosankan, sekali-kali kita dapat berlatih mengetik suatu kata tanpa melihat keyboard.

3. Latihan Kecepatan dan Akurasi
Jika tahap latihan dasar sudah dikuasai, maka kita dapat melanjutkan ketahap berikutnya yaitu melatih kecepatan dan keakuratan mengetik. Pada tahap ini kita dapat menggunakan beberapa tool yang ada baik online maupun offline seperti:
1. Software MaxType lite
 














2. Website http://10fastfingers.com








Atau masih banyak software yang lain yang dapat digunakan.

Astawan News

About Astawan News -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :