Astawan News

Penilaian Berbasis HOTs

Penilaian berbasis HOTs (Hight Order Thingking Skill) adalah penilaian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Pada penilaian HOTs bukan materi soal yang ditinggikan, materi disesuaikan dengan indikator yang ingin dicapai, namun penyajian soalnya selalu dikaitkan dengan kasus-kasus kehidupan nyata. 

Pembuatan soal kategori HOTs
Menyusun soal kategori HOTs, harus menyediakan:
  • Berbagai macam data (pernyataan, tabel, grafik, hasil dari percobaan yang dilakukan, laporan, bahan bacaan, paragrap, teks drama, penggalan novel/cerita/dongeSg, puisi, kasus, gambar, foto, rumus, tabel, daftar kata/symbol, contoh, peta, film, suara yang direkam,dll) sebagai stimulus untuk menjawab soal-soal HOTS
  • Data yang disediakan harus memberikan informasi kepada siswa merujuk kepada pengetahuan atau kemampuan dasar sehingga dapat diolah lebih lanjut 
  • Data yang diajukkan sebagai stimulus kepada siswa dibuat dengan situasi yang “autentik” atau nyata 
Contoh soal tipe HOTs:
Aplikasi apakah yang digunakan seorang pedagang untuk menghitung dan membuat laporan rugi laba setiap bulannya?
a. Microsoft Word
b. Microsoft Excel
c. Microsoft Powerpoint
d. Microsoft Publisher
e. Calculator

Contoh soal tipe bukan HOTs:
Aplikasi apakah yang digunakan untuk mengolah angka?
a. Microsoft Word
b. Microsoft Excel
c. Microsoft Powerpoint
d. Microsoft Publisher
e. Calculator

Astawan News

About Astawan News -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :