Astawan News

4 Kecakapan Yang Harus Dikuasai Pada Abad 21

Beda dulu beda sekarang, perkembang teknologi bergerak cepat dan sulit diprediksi. Perkembangan tersebut mengakibatkan perubahan cepat dari jabatan, tugas, dan kompetensi yang diperlukan. Untuk dapat mengikuti perkembangan jaman tersebut, pemerintah khususnya direktorat SMK menekankan 4 kecakapan yang harus dikuasai oleh peserta didik menuju abad 21.



1. Berpikir Kritis (Critical Thingking)
Berpikir Kritis adalah berpikir pada level yang kompleks. Dalam berpikir kritis diperlukan kemampuan berpikir Induktif dan Deduktif. Berpikir induktif (menjabarkan) adalah mengenali hubungan antar komponen, menganalisis  masalah, menentukan sebab dan akibat. Berpikir deduktif (menyimpulkan) adalah membuat kesimpulan untuk memecahkan masalah yang bersifat spasial, logis silogisme dan membedakan fakta dan opini. Berpikir kritis juga adalah kemampuan mendeteksi bias, melakukan evaluasi, membandingkan dan mempertentangkan.
Seorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis adalah seseorang yang mampu memecahkan masalah (problem solver), mengambil keputusan (decision maker), perencanaan stratejik (strategic planner), mengasosiasi, menganalisis asumsi, dan melakukan penelitian ilmiah.

2. Kreatif (Creativity)
Kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dalam bentuk ide kreatif (gagasan) dalam memecahkan masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan yang baru. Kemampuan kreatif juga kemampuan yang mampu menciptakan sesuatu yang baru dalam bentuk  karya nyata yang relatif  berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.





3. Komunikasi (Communication)
Proses pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami. Pertukaran informasi antara seseorang dengan orang lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada kondisi saling mengerti yang mendalam.





4. Kolaborasi (Collaboration)
Proses partisipasi beberapa orang/ sekelompok manusia/organisasi  yang bekerjasama untuk mencapai hasil tertentu yang diinginkan sekaligus melahirkan kepercayaan di antara pihak yang terkait.

Astawan News

About Astawan News -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :