Astawan News

3 Cara Penulisan Paragraf

Dikenal tiga teknik penulisan paragraf yang ada yaitu: 1) Gaya Eropa; 2) Gaya Amerika; dan 3) Gaya Campuran. Ketiga gaya penulisan tersebut memiliki konsep dan ciri-ciri yang mudah diingat. Berikut adalah perbedaan dari ketiga gaya penulisan tersebut.
1. Paragraf Gaya Eropa
Paragraf ini memiliki ciri setiap awal paragraf ditulis menjorok kedalam.











2. Paragraf Gaya Amerika
Paragraf ini memiliki ciri setiap awal paragraf ditulis sejajar dengan yang lainnya, namun antar paragraf memiliki jarak/spasi yang lebih lebar (ada satu baris kosong diantara dua paragraf).









3. Paragraf Gaya Campuran
Gaya paragraf ini merupakan campuran gaya Eropa dan Amerika, dimana setiap awal paragraf menjorok ke dalam dan terdapat baris kosong antar paragraf.

Pada aplikasi Microsoft Word 2007 atau yang lebih baru, gaya paragraf ini menjadi gaya penulisan default.





Pada penggunaannya baik dalam surat, makalah, majalah, koran, skripsi, tesis, dan lain sebagainya. Gaya manapun tentu saja sah digunakan, asalkan sesuai dengan aturan yang tentukan. Contoh dalam penulisan suatu skripsi dan tesis biasanya suatu lembaga pendidikan tinggi menentukan jenis gaya yang harus digunakan.

KESALAHAN YANG UMUM TERJADI
Gaya paragraf yang ditentukan adalah Eropa, namun karena mengikuti setting default Microsoft Word, gaya penulisan menjadi gaya Campuran. Terdapat jarak baris yang cukup lebar antar paragraf (terdapat space setelah paragraf). Biasanya mereka yang mengetik tidak menyadari akan hal tersebut. Perhatikan gambar berikut untuk memperbaiki paragraf tersebut sehingga menjadi gaya Eropa.

Cara membuat paragraf lebih detail disajikan pada video berikut ini.


Astawan News

About Astawan News -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :