Astawan News

Membuat Port Virtual (LPT/COM) dengan Epson Virtual Port Driver


Dalam memprogram mengendalikan printer POS Seperti TMU-220 dibutuhkan interface/port yang disupport oleh bahasa pemrograman seperti LPT dan Com. Sedangkan teknologi printer dan komputer saat ini sudah berpindah ke USB yang mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dan kemudahan dalam instalasi. Tentunya hal tersebut menimbulkan kesulitan bagi para programmer. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat port virtual pada Windows yang mengarah pada port USB printer. Salah satu cara yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Epson TM Virtual Port Driver. 

Aplikasi ini akan menampilan printer Epson yang terhubung ke komputer (walaupun driver belum terinstal). Dilanjutkan dengan pemilihan port virtual dan pemilihan printer yang akan dibuatkan port virtualnya.

Aplikasi Epson TM Virtual Port Driver dapat didownload disini. Lakukan instalasi dahulu lalu lakukan pembuat port virtual yang anda inginkan. Ilustrasi penggunaan dijelaskan oleh gambar berikut ini.

Astawan News

About Astawan News -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :